Nelayan Penuguan Tangkap Buaya Berbobot 1 Ton, Panjang 6 Meter

Nelayan Penuguan Tangkap Buaya Berbobot 1 Ton, Panjang 6 Meter
PANGKALAN BALAI - Nelayan Penuguan Tangkap Buaya Berbobot 1 Ton. Buaya jantan diduga berjenis katak ini, sebelumnya telah memangsa warga Desa Sedang, Kecamatan Suak Tapeh, Kabupaten Banyuasin.

Buaya penunggu Sungai Batang Hari Desa Sedang yang ditangkap itu, panjangnya sekitar 6 meter, dengan bobot 1 ton lebih. Keberasilan para nelayan dalam penangkapan buaya katak, disambut antusias warga Desa Sedang, yang ingin melihat langsung buaya pemangsa manusia ini.

Sukri (35), seorang nelayan warga Desa Penuguan, Kecamatan Pulau Rimau, Banyuasin mengaku, buaya buas tersebut berhasilkan ditaklukkan pria asal pemulutan Ogan Ilir ini, di aliran Sungai Batang Hari, lokasi PT SAL, Desa Sedang Kecamatan Betung, Banyuasin, Kamis (3/12), pukul 21.00 WIB.

Menurut informasi, proses tertangkapnya buaya muara itu, bermula dari Sukri yang setiap malam mencari ikan, menangkap buaya itu menggunakan alat berbentuk jaring, di areal perkebunan PT SAL. Saat pertama kali jaring diangkat, bukan ikan didapat, namun ular piton dengan panjang sekitar dua meter.
Setelah itu, Sukri bermaksud kembali membentangkan jaring, namun seekor buaya melintas di dekat perahu miliknya.

Oleh Sukri ular piton tadi dijadikan umpan pancing, untuk memancing buaya muara tersebut memakannya. Hanya berselang beberapa jam, pancing umpan ular tadi disambar buaya. Ternyata buaya panjang 6 meter berhasil dipancingnya.

Melihat itu, Sukri langsung menyelimuti badan buaya muara tersebut menggunakan jaring ikan, sehingga membuat buaya tidak bisa bergerak lagi. Dengan dibantu dua nelayan lainnya yakni Hanafi dan Rudi, buaya tersebut bisa diangkat ke pinggir sungai, dan diangkat ke rumah Kades Sedang bernama Bakri. Tertangkapnya buaya muara tersebut cepat menyebar, dan sontak menjadi tontonan warga. Tidak hanya warga Desa Sedang, tapi juga warga dari desa lain.

Kades Sedang H Bakri SKep membenarkan adanya penangkapan buaya muara tersebut. “Buaya muara tersebut berhasil ditangkap Sukri, warga Desa Penuguan, Pulau Rimau, Banyuasin. Buaya itu panjangnya 6 meter, dan lebar perut 1,20 cm, berbobot 1 ton,” kata Bakri.

Bakri menambahkan kalau penangkapan buaya tersebut sudah dilaporkan ke Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel. “Sore ini (kemarin), petugas BKSDA akan datang dan mengambil buaya muara tersebut,” pungkasnya. 
Share on Google Plus

About play blogger

0 komentar:

Posting Komentar