Turunkan Tim Inti, Barca Atasi Athletic 2-1


Turunkan Tim Inti, Barca Atasi Athletic 2-1 - Barcelona meraih hasil positif di leg pertama perempatfinal Copa del Rey. Blaugrana mengalahkan tuan rumah Athletic Bilbao dengan skor 2-1. Sementara Atletico Madrid tertahan 0-0 di kandang Celta Vigo.

Dijamu Athletic di San Mames, Kamis (21/1) dinihari WIB, Barca menurunkan tim intinya meski kehilangan beberapa pemain. Luis Suarez absen karena masih menjalani hukuman, sementara Jordi Alba mengalami cedera hamstring.

Sementara itu, Lionel Messi tak diturunkan karena pelatih Luis Enrique tak ingin mengambil risiko. Messi mengalami cedera ringan pada akhir pekan lalu meski sekarang kondisinya sudah kelihatan baik dan siap dimainkan.

Barca membuka skor pada menit ke-18 melalui gol Munir El Haddadi. Diawali umpan silang Ivan Rakitic dari sisi kanan, Munir yang berlari ke kotak penalti berhasil menjangkau umpan Rakitic dan menjebol gawang Athletic.

Barca menggandakan keunggulannya menjadi 2-0 pada menit ke-25 lewat Neymar. Pemain Brazil ini berhasil menjangkau umpan Sergi Roberto dari sisi kiri. Kiper Iago Herrerin terlanjur keluar dari sarangnya untuk menghentikan Neymar, tapi gagal. Neymar yang tinggal berhadapan dengan gawang kosong pun dengan mudah menceploskan si kulit bundar.

Athletic baru bisa memperkecil ketertinggalannya saat waktu normal tersisa satu menit. Aritz Aduriz menjebol gawang Barca setelah menuntaskan umpan Mikel San Jose menjadi gol.

Kemenangan ini akan menjadi modal bagus bagi Barca untuk melangkah ke babak berikutnya. Meski begitu, hasil ini tidak lantas membuat posisi Barcelona aman. Neymar meyakini Bilbao masih menyimpan ancaman besar pada pertemuan kedua yang akan digelar pekan depan di Nou Camp.

Secara teori, tampil di depan pendukung sendiri memberi keuntungan besar bagi pasukan Catalan. Statistik pun memihak Neymar dkk yang belum pernah kalah sejak menyerah 0-1 di tangan Malaga dalam ajang La Liga pada Februari 2015 alias nyaris setahun lalu.

”Gol (balasan) itu mungkin akan merumitkan pertarungan ini, tapi kami menjalani pertandingan yang bagus dan sekarang kami harus memenangi leg kedua,” cetus Neymar yang dikutip Soccer Way. ”Tapi gol ini berbahaya karena mereka adalah tim bagus dengan para pemain yang bisa menentukan. Kami harus waspada,” imbuhnya.

Sementara itu nasib kurang bagus diterima Atletico Madrid. Meskipun lebih dominan, mereka tidak mampu menyarangkan satu gol pun ke gawang Celta Vigo. Kedua tim harus puas bermain imbang 0-0 pada laga yang berlangsung di Balaidos, Kamis (21/1) dinihari WIB.

Atletico sendiri tercatat memiliki 56 persen penguasaan bola dibandingkan tuan rumah dengan 44 persen. Tim tamu juga menciptakan 10 percobaan (dua on target) sedangkan Celta memiliki 8 percobaan (3 on target).

Atletico mendapatkan peluang lolos pekan depan ketika akan menjalani leg kedua di Vicente Calderón.Namun pelatih Atletico, menyebut hasil imbang lebih menguntungkan Celta saat berebut tiket semifinal di leg kedua.

Sebab dengan hasil tersebut, Atletico wajib menang di leg kedua jika ingin melaju. Sementara bagi Celta, hasil imbang minimal 1-1 sudah akan meloloskan mereka ke semifinal. Simeone pun mengakui kalau hasil di leg pertama lebih menguntungkan untuk Celta.

”Itu tadi adalah pertandingan yang terbuka,” ujar Simeone usai pertandingan seperti dikutip situs resmi klub. ”Hasil imbang apapun sekarang akan menguntungkan mereka dan itulah yang tampak untuk pertandingan berikutnya,” imbuhnya.

Masih bersaing di Copa del Rey membuat jadwal pertandingan Atletico cukup padat di tengah persaingan ketat La Liga. Dalam sembilan hari ke depan, Atletico akan menjalani tiga laga yang tak bisa dibilang enteng. Atletico akan menghadapi Sevilla (La Liga), Celta (Copa del Rey), dan Barcelona (La Liga).
Share on Google Plus

About play blogger

0 komentar:

Posting Komentar