Mau Bibit Gratis Datang ke Dishutbun


Mau Bibit Gratis Datang ke Dishutbun - Bibit gratis ini diperuntukan bagi masyarakat Banyuasin karena Memasuki musim penghujan yang diperkirakan hujan deras mengguyur lahan pertanian, baik sekali untuk menanam tanaman penghijauan dan buahan. Untuk itu Dinas Kehutanan dan Perkebunan Banyuasin (Dishutbun), telah menyiapkan ribuan bibit buah dan pohon penghijauan.

Kepala Dishutbun Banyuasin, Suhada Aziz melalui Kasi Perlindungan Hutan Gustiar mengatakan, ada sekitar 17 ribu bibit tanaman penghijauan atau buah-buahan yang akan dibagikan ke seluruh kecamatan di Banyuasin.

Diantaranya, bibit durian, rambutan, mangga, cempak lanang, garu, jelutung dan sejumlah jenis bibit pohon lainnya. “Untuk tahun ini, kami telah menyiapkan sekitar 17 ribu bibit, akan disebar untuk masyarakat dan sarana penghijauan,’’ ujarnya.

Lokasi yang disebar seperti lahan kritis, pekarangan rumah, sekolah, jalan dan tempat yang butuh penghijauan di luar kawasan hutan.

Dia melanjutkan, siapa saja boleh mengambil bibit tersebut, asalkan akan ditanam di wilayah Banyuasin dan stok masih tersedia. “Silakan ajukan proposal ke Dishutbun, butuhnya pohon apa dan berapa banyak, nanti ada tim yang mengkajinya. Bibit pohon yang dibagikan, tentunya disesuaikan kondisi tanah di masing-masing kecamatan,” ujarnya.

Pengadaan bibit tersebut, setidaknya merogoh kocek APBD Banyuasin sekitar Rp 180 juta, ditambah dana alokasi khusus dari Pusat sebanyak sekitar Rp 60 juta.

“Kita berharap bibit yang ditanam dapat menambah hijau wilayah Banyuasin. Apalagi sekarang musim penghujan, persentase bibit hidup cukup tinggi,” ungkapnya.

Dia menambahkan, program penanaman pohon sangat banyak manfaatnya. Selain membuat kawasan hijau, juga menjadi pencegah terjadinya bencana alam seperti longsor banjir. “Manfaatnya tidak hanya dirasakan warga Banyuasin, tapi kita juga berperan menjaga menjaga lapisan ozon yang semakin menipis,” pungkasnya.
Share on Google Plus

About play blogger

0 komentar:

Posting Komentar