Penyakit Vertigo, Gejala dan Cara Mengatasinya

Penyakit Vertigo, Gejala dan Cara Mengatasinya - Vertigo merupakan kondisi dimana seseorang merasa dirinya atau keadaan disekitarnya berputar-putar seperti gasing. Vertigo bukan merupakan penyakit tapi gejala penyakit yang penyebabnya bermacam-macam. Penyebab vertigo bervariasi diantaranya karena Virus, tekanan darah menurun ke otak, efek dari makan obat-obatan dan penyakit Epilepsi serta beberapa kasus terkait Migrain. Kata Vertigo sendiri berasal dari bahasa Yunani Vetere yang berarti berputar seperti layaknya main gasing.

Dalam banyak kasus terjadinya Vertigo yang menjadi penyebab utama adalah terganggunya syaraf keseimbangan. Syaraf ini terletak dalam rumah siput atau koklea pada telinga. Berat badan yang tidak seimbang juga merupakan salah satu pemicu terjadinya penyakit Vertigo.

Gejalah yang bisa ditimbulkan Vertigo

Gejalah yang bisa ditimbulkan saat penyakit vertigo menyerang diantaranya pusing ketika posisi tubuh dalam keadaan duduk, berbaring dan ketika seseorang memutar kepalanya secara spontan dan cepat. Biasanya juga ketika Vertigo menyerang timbul gangguan keseimbangan pada tubuh, perut terasa mual dan mau muntah. Kuping atau telinga berdengung dan ada gangguan pada gerakan bola mata.

Penderita Vertigo disarankan untuk tidak melakukan berbagai gerakan kepala yang memancing terjadinya Vertigo. Bila Penyakit Vertigo datang menyerang jangan panik, tarik napas dari hidung dan hembuskan berlahan-lahan lewat mulut. Lakukan olah napas dengan tenang dan santai selama serangan Vertigo berlangsung. Usahakan pikiran fokus dan tubuh sedapat mungkin dibuat rileks, tenang jangan memancing emosi sendiri sampai Vertigo benar-benar redah.

Cara Mengatasi Penyakit Vertigo

Cara mengatasi Penyakit Vertigo bermacam-macam sesuai dengan gejala yang menjadi penyebab penyakit itu sendiri. Secara umum mengatasi Vertigo diantaranya rajin berolahraga. Melakukan olahraga ringan dipagi hari sangat dianjurkan salah satunya dengan cara menghirup udara segar pagi yang masih bersih. Tubuh menjadi lebih bugar terutama pada kepala sebagai pusat syaraf menjadi pres dan tidak tegang.

Penderita Vertigo juga harus menjaga alat keseimbangan yang terletak pada telinga yaitu rumah siput (koklea). Rumah Siput rusak dapat mengganggu keseimbangan tubuh sehingga bisa memicu terjadinya Vertigo. Jadi memelihara kesehatan telinga sangat penting untuk mengatasi serangan Vertigo yang datang secara tiba-tiba.

Menjaga berat badan tetap ideal (seimbang) merupakan langkah tepat untuk mencegah terjadinya Vertigo. Jika berat badan tidak terkendali akan menimbulkan obesitas. Tubuh menjadi gemuk menjadi sarang segala macam penyakit salah satunya Vertigo.

Bagi penderita Migrain dan Vertigo dianjurkan makan obat pusing untuk mengatasi Vertigo atau Migrain ini. Jika terjadi serangan Vertigo dan tidak bisa dikendalikan lagi segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Demikianlah sekilas tentang penyakit Vertigo dan Gejalanya. 'Mencegah lebih baik dari mengaobati', mungkin pepatah itu lebih tepat untuk menggambarkan cara mengatasi Vertigo.

Menjaga gaya hidup agar tetap sehat dan seimbang merupakan hal penting untuk mencegah terjadinya penyakit Vertigo. Mengendalikan stres akibat tekanan dalam kehidupan sehari-hari menjadi keharusan untuk menghadang laju datangnya serangan Vertigo. Jadi jalani hidup anda dengan santai (bukan berarti malas), tenang jauh dari stres maka Vertigo tidak akan menghampiri hidup anda.  

Share on Google Plus

About play blogger

0 komentar:

Posting Komentar