Ternyata Konsumsi Sayuran Hijau Bisa Meningkatkan Penglihatan


Ternyata Konsumsi Sayuran Hijau Bisa Meningkatkan Penglihatan - Mungkin sudah lama kita mengenal bahwa makan wortel merupakan kunci untuk penglihatan yang lebih baik. Namun ternyata, sayuran berdaun hijau jauh lebih dahsyat untuk meningkatkan pandangan mata kita.

Diet yang kaya nitrat, yang ditemukan dalam bayam, selada, dan kale, mengurangi risiko glaukoma sampai 30 persen, menurut para ilmuwan.

Para ilmuwan dari Brigham & Women's Hospital dan Harvard Medical School mempelajari hubungan antara asupan nitrat pada makanan dan glaukoma sudut terbuka primer.

Penyakit ini terjadi karena kerusakan saraf optik, ketika cairan menumpuk di bagian depan mata, menurut American Academy of Ophthalmology. Ini adalah penyebab utama kebutaan bagi orang-orang di atas usia 60 tahun.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa nitrat, yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, bermanfaat untuk sirkulasi darah.

Dan, para ilmuwan berangkat untuk melihat apakah sayuran ini memiliki efek pada glaukoma. Para ilmuwan menganalisis diet dan pemeriksaan mata pada hampir 64.000 wanita antara tahun 1984 dan 2012, serta pada 41.000 pria.

Mereka menemukan bahwa orang-orang dengan asupan yang lebih besar dari nitrat pada makanan dan sayuran berdaun hijau memiliki risiko glaukoma 20 sampai 30 persen lebih rendah.

"Hasil ini, jika dikonfirmasi dalam studi observasional dan intervensi, bisa memiliki implikasi kesehatan publik yang penting," tulis hasil studi yang dipublikasikan dalam JAMA Opthalmology, seperti dikutip laman pikiran rakyat online, melalui Daily Mail, Senin (25/1/2016).

Namun, para ilmuwan mengatakan studi tambahan harus diselesaikan untuk lebih mengeksplorasi hubungan antara konsumsi nitrat pada makanan dan glaukoma. 

Share on Google Plus

About play blogger

0 komentar:

Posting Komentar