Fenomena Alam Gerhana Matahari Total Lintasi Nusantara

Fenomena Alam Gerhana Matahari Total Lintasi Nusantara - Wilayah Indonesia merupakan satu-satunya negara di dunia yang akan dilintasi fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT). Gerhana ini diperkirakan terjadi tanggal 9 Maret 2016. Menurut laporan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN),  ada 11 Provinsi yang akan dilintasi GMT ini.

Sebelas Provinsi di Nusantara itu adalah Bengkulu, Jambi, Sumsel, Babel, Kalbar, Kalteng, Kalsel, Kaltim, Sulbar, Sulteng, dan Maluku Utara.

Provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu daerah yang akan dilalui GMT. Khususnya Palembang Gerhana Matahari akan diperkirakan berlangsung mulai Pukul 06.20 WIB. Puncak GMT terjadi Pukul 07.20 WIB dan berakhir Pukul 08.31 WIB.

Peristiwa GMT di Palembang sedikit banyak menarik minat wisatawan mancanegara berkunjung ke daerah ini untuk menyaksikan secara langsung kejadian yang terbilang langkah tersebut. Setidaknya ada 12 negara yang memastikan diri untuk datang ke Palembang pada tanggal 9 Maret mendatang.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Irene Camelyn Sinaga, diantara 12 negara itu adalah Malaysia, Singapura, Amerika, Jerman, Belgia, Jepang, Belanda yang telah booking sejumlah hotel di Kota Palembang. Selain itu GMT di Sumsel juga akan diliput oleh berbagai media, baik nasional maupun internasional. 

“Seperti dari Amerika, Jerman, Jepang, Belanda, Belgia, Singapura, Malaysia, dan dari berbagai negara lainnya yang sudah membooking hotel. Tidak hanya itu, GMT juga akan diliput oleh media-media nasional dan dunia,” ujar Irene Camelyn Sinaga kepada sejumlah awak media di Sumsel.

GMT di Palembang juga akan disemarakan oleh berbagai acara. Festival atau acara yang akan dipusatkan di atas Jembatan Legendaris, AMPERA itu dimulai Pukul 06.20 WIB dengan ditandai peniupan Saxofone oleh pemain Saxofone dunia. Puncak terjadinya GMT yang diperkirakan mulai pukul 07.20 WIB akan ada pemukulan Kentongan dilakukan oleh para pelaku budaya Palembang dan pertunjukan drama tentang legenda Naga Memakan Matahari.

Selain itu juga disediakan truk-truk pembawa makanan (food truck) yang akan bertengger di atas jembatan AMPERA dan di Benteng Kuto Besak (BKB). Didalam Food Truck nantinya tersedia berbagai aneka menu makanan dengan menu favorit, Mie Celor. Tidak lupa ada 1.500 lembar kupon makan gratis telah disediakan untuk pengunjung.

Bagaimana anda tertarik menyaksikan GMT di Palembang? Datang saja ya....Jangan lupa Tanggal 9 Maret 2016 kita sama-sama menyaksikan Keajaiban Alam yang langkah ini. Sembari mengucapkan Allahu Akbar!!!

Baca juga: Sabar dan Hikmah yang Terkandung didalamnya.
Share on Google Plus

About play blogger

0 komentar:

Posting Komentar