Ternyata Merebus Botol Susu Bayi Sangat Berbahaya, Menimbulkan Berbagai Penyakit



Ternyata Merebus Botol Susu Bayi Sangat Berbahaya, Menimbulkan Berbagai Penyakit - Apakah anda merebus botol susu bayi usai memberinya susu botol? Jika Ya, sebaiknya mulai sekarang jangan pernah lagi dilakukan karena sangat berbahaya bagi kesehatan bayi anda. Pada umumnya Susu botol bayi mengandung zat kimia yang membahayakan kesehatan apabila penggunaannya tidak tepat. Apalagi jika bayi yang menggunakan botol susu yang disterilkan dengan cara direbus tersebut. Tentulah rentan terkena berbagai penyakit.

Menurut para ahli, susu botol yang beredar di pasaran sebagian besar mengandung zat kimia bernama Polikarbonat. Zat ini mengandung senyawa kimia, Bisphenol-A (BpA) yang menyatu pada plastik botol susu bayi. BpA merupakan bahan dasar pembuatan botol plastik Polimer Polikarbonat. Plastik Polimer ini dipilih karena bersifat bening dan diyakini berdaya tahan kuat sehingga banyak digunakan pada industri pembuatan botol plastik.

Bisphenol-A berpolimerisasi dengan Plastik Polimer Polikarbonat pada botol susu bayi. Dalam struktur molekulnya antara keduanya cenderung tidak stabil. Dan jika BpA lepas dari ikatan struktur Polimer Polikarbonat bisa menimbulkan dampak kesehatan, terutama bayi yang menggunakan susu botol tersebut. Lepasnya BpA dari ikatan struktur molekulnya diantaranya dipicu oleh panas yang ditimbulkan pada waktu proses perebusan botol susu. BpA yang telah lepas akan masuk ke tubuh bayi bersamaan dengan air susu dalam botol. 

BpA yang sudah tertelan, dalam batas toleransi tidak membahayakan kesehatan. Tapi bila melewati batas toleransi maka kesehatan tubuh manusia akan terganggu. Berdasarkan Badan Kesehatan Dunia Ambang batas tolerasi untuk penggunaan BpA berkisar 0,05 Mg/Kg bb/hari. Ambang batas itu tergolong kecil. Namun walaupun kecil menurut catatan penelitian yang dilakukan parah ahli, Bisphenol-A (BpA) memiliki efek yang merugikan bagi kesehatan, bahkan dalam dosis yang kecil sekalipun. Para peneliti menemukan data pada binatang bahwa BpA dapat menyebabkan kanker prostat, kanker payudara, pubertas lebih awal, obesitas, diabetes, perubahan dalam sistem imun, mengganggu pengaturan hormon tiroid, dan masih banyak lagi.

Hal tersebut tentunya sangat meresahkan dan mengkhawatirkan. Bisa dibayangkan betapa berbahayanya jika senyawa kimia Bpa ini masuk ke tubuh bayi anda. Oleh karena itu, jangan pernah lagi merebus botol susu bayi anda hanya untuk menstrilkannya. Karena sudah disebutkan diatas tadi sangat membahayakan kesehatan, apabila dilakukan secara terus menerus. Untuk menstrilkan botol susu bayi anda, cukup disiram atau dikocok-kocok dengan air hangat saja dan tidak perlu dengan merebusnya.
Share on Google Plus

About play blogger

0 komentar:

Posting Komentar